Bingung Pilih Pinjaman Untuk Usaha Furnitur ? Ini Jenis Kredit Usaha Yang Tepat

Bingung Pilih Pinjaman Untuk Usaha Furnitur ? Ini Jenis Kredit Usaha Yang TepatBeragam kredit ditawarkan di pasaran perbankan untuk modal usaha atau pengembagan usaha. Apa yang cocok untuk usaha furnitur?

Industri furnitur atau mebel di Indonesia memiliki pamor yang baik di mata internasional dan lokal. Untuk itu, Anda bisa mengambil peran menaikkan pamor tersebut dengan mengembangkan usaha. Salah satu cara mengembangkan usaha furnitur adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank. Keuntungan menggunakan kredit UKM dari bank antara lain bunganya lebih rendah daripada leasing dan ada kesempatan mendapat pendampingan usaha dari bank tersebut. Sejumlah bank memiliki program mendampingi pebisnis UKM agar bisnis tersebut maju dan tidak terjadi kredit macet. Berikut jenis kredit UKM yang bisa Anda ajukan sesuai dengan jenis usaha Anda:

1. Kredit UKM Berdasarkan Kegunaan
Ada dua jenis kredit berdasarkan kegunaan usaha yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Kredit Modal Kerja
Kredit modal kerja dapat digunakan untuk menambah modal usaha atau menjadi modal awal ketika akan membuka usaha, yang artinya kita bisa memulai usaha dari nol melalui bantuan pinjaman ini. Jenis permodalan ini biasanya memiliki jangka waktu 1 tahun dan dapat diperpanjang.
  • Kredit Investasi
Fasilitas kredit ini biasanya digunakan pengusaha untuk mengembangkan usahanya yang telah berjalan selama beberapa tahun. Untuk jangka waktunya, kredit ini juga lebih fleksibel dan bisa disesuaikan menurut jumlah dana yang ingin diinvestasikan, biasanya jangka waktunya maksimal lima tahun.
2. Kredit UKM Berdasarkan Jaminan

Anda harus memiliki aset untuk dapat mendapat fasilitas ini, misalnya rumah, tanah, atau bisnis furnitur Anda sendiri. Syaratnya, nilai aset yang dijaminkan sesuai dengan jumlah pinjaman yang digelontorkan bank. Jika kredit tersebut gagal dilunasi, bank akan menyita aset untuk menutup pinjaman. Tetapi, kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah bunga relatif rendah, jangka waktu lebih panjang, dan nominal pinjaman yang lebih besar karena adanya aset sebagai jaminan. Bila usaha furnitur sudah besar, Anda bisa berkesempatan mendapat persetujuan dan pencairan dana lebih cepat dan lebih besar.

BTPN sendiri memiliki lini bisnis untuk membantu pinjaman UKM, yaitu BTPN Mitra Usaha. Anda bisa menghubungi call center BTPN di 1500-300 untuk informasi lebih lanjut atau mengunjungi cabang Mitra Usaha terdekat di kota Anda.

Sumber:
daya.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
Scroll to Top